Membuat Mail Merge pada Open Office

Cara Membuat Mail Merge pada Open Office


Ø  Langkah petama yang kita lakukan yaitu membuka aplikasi Open Office yang ada pada pc dengan cara membuka icon Open Office yang ada pada desktop layar PC anda, selanjutnya setelah anda membuka Open Office akan muncul jendela tampilan seperti gambar di atas setelah itu kita pilih menu yang disediakan yaitu Text Document seperti yang ada di dalam lingkaran warna biru.


Ø  Langkah kedua setelah kita memilih text Document akan muncul lembar kerja baru, sebelum kita  menggunakan mailmerge kita harus membuat terlebih dahulu surat yang akan kita isikan mail merge di dalamnya.



Ø  Langkah selanjutnya pilih icon yang ada di bawah menu file, setelah itu kita pilih spreadsheet untuk membuat isi alamat alamat yang akan kita masukan kedalam surat.



Ø  Setelah terbuka jedela spreadsheet lalu kita membuat keterangan yang akan kita masukan kedalam surat, karena surat yang saya buat memerlukan Nama, Kelas, dan NPM maka kita membuat 3 colom dan pada bagian atas kita isikan Nama, Kelas, dan NPM.
Ø  Setelah selesai kita buat lalu kita simpan spreadsheet yang telah kita buat.


Ø  Setelah kita simpan maka kita kembali ke lembar kerja surat kita dan pilih menu file lalu wizard untuk menghubungkan spreadsheet yag kita buat dengan surat, setelah wizard lalu kita pilih  addres data source.


Ø  Setelah kita pilih addres data sources maka akan muncul jendela tampilan seperti gambar diatas. Kita pilih perintah outher external data sources seperti yang ada pada lingkaran biru.


Ø  Ini merupakan step ke 2 perintah addres data source disini kita pilih setting untuk memilih data yang akan dimasukan atau dihubungkan dengan surat yang telah kita buat.


Ø  Pada langkah selanjutnya step 3 kita diminta untuk mengganti jenis data yang akan dimasukan ke dalam surat, dengan cara mengganti database type dengan spreadsheet.


Ø  Masuk pada step ke 4 pada step ini kita tidak diminta untuk melakukan apa-apa cukup memilih perintah next


Ø  Pada step ke 5 sama seperti perintah selanjutnya kita hanya cukup memilih menu finish tanpa mengganti ganti data yang ada.



Ø  Setelah semua step selesai kini kita diminta untk memanggil data sources yang akan dimasukan
Ø  pada surat. Dengan cara seperti gambar diatas kita pilih menu view lalu kita oilih data sources.


Ø  Pada step ini kita pilih data sources yang sudah kita buat.


Ø  Selanjutnya drag data sources ke dalam surat, lalu letakan hasil drag pada bagian yang akan anda isi dengan mail merge.



Ø  Setelah semua di drag ke dalam surat, kini semua step pembuatan mailmerge telah kita selesaikan. Jika ingin melihat hasil surat yang kita buat maka kita pilih menu print.





1 comments:

  1. Membuat Mail Merge Pada Open Office - Welcome >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Membuat Mail Merge Pada Open Office - Welcome >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Membuat Mail Merge Pada Open Office - Welcome >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete

FOLLOW US @ INSTAGRAM